$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

3 Penyakit ‘Umum’ Setelah Idul Fitri dan Cara Mencegahnya

Usai Idul Fitri, banyak orang mendadak jatuh sakit. Padahal saat Ramadhan, mereka sehat dan bugar. Sejumlah orang yang ditemui tim bersama...


Usai Idul Fitri, banyak orang mendadak jatuh sakit. Padahal saat Ramadhan, mereka sehat dan bugar. Sejumlah orang yang ditemui tim bersamadakwah di beberapa kota dan desa menderita diare. Selain diare, ternyata ada dua penyakit lain yang banyak menyerang usai Idul Fitri.

Apa saja penyakit itu dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini penjelasannya:

1. Diare

Diare merupakan penyakit yang paling banyak menyerang usai Idul Fitri. Penyakit ini dipicu oleh makanan yang asam, pedas, atau bersantan sekaligus secara berlebihan. Banyak orang yang tidak dapat mengatur pola makan dan makanan dengan baik begitu Idul Fitri tiba. Makanan apa pun masuk ke dalam perut, terlebih ketika berkunjung ke kerabat atau tetangga. Perasaan tidak enak jika tidak menyantap hidangan yang telah disiapkan menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, seperti dikutip detikHealth menjelaskan, diare usai Idul Fitri juga banyak disebabkan kondisi lingkungan yang tidak bersih 100% sehingga bakteri menghinggapi makanan.

Cara mencegah penyakit diare ini adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sehingga bakteri tidak menghinggapi makanan. Meskipun pembantu pulang kampung dan kesibukan meningkat, kebersihan harus tetap menjadi prioritas.

Yang kedua, menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang asam, pedas dan bersantan, terutama dalam jumlah banyak.

2. Maag

Penyakit Maag juga tidak sedikit menyerang usai Idul Fitri. Penyebabnya, perubahan pola makan secara drastis.

"Kondisi ini biasanya muncul setelah makan berlebihan dan terlalu banyak makan pedas," ujar Dr Titi.

Menurutnya, kondisi maag ini biasanya kambuh setelah pada hari Idul Fitri tersebut orang tidak bisa menahan keinginannya untuk makan makanan yang jumlahnya berlimpah. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas juga bisa memicu kambuhnya penyakit ini.

Cara mencegah penyakit maag ini adalah dengan mengatur pola makan. Bersabarlah untuk tidak menyantap banyak makanan, ubahlah pola makan secara bertahap agar mendekati keteraturan. Di sinilah salah satu hikmah puasa Syawal disegerakan di awal bulan Syawal. Sehingga perbedaan pola makan hanya terjadi sehari, itu pun tetap dalam kontrol. Setelah puasa Syawal selesai, umumnya godaan makanan hari raya cenderung telah menipis dan pola makan bisa diatur normal kembali.

3. Peningkatan kadar gula darah dan kolesterol

Meskipun tidak banyak terlihat efeknya secara langsung, secepat diare dan maag, peningkatan kkadar gula darah dan kolesterol juga banyak menyerang usai Idul Fitri. Kondisi ini muncul setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis . Tidak bisanya mengontrol asupan makanan manis selama hari Idul Fitri dan beberapa hari setelahnya menimbulkan kadar gula darah terus-menerus tinggi dan bahkan berisiko hiperglikemia.

Serupa dengan peningkatan kadar gula darah, meningkatnya kolesterol juga timbul sebagai akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat Idul Fitri seperti opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, dan ayam goreng.

"Setelah dirasakan muncul kondisi seperti tersebut, sebaiknya segera lakukan perubahan pola makan sehat agar kondisi tubuh bisa cepat pulih dan kembali sehat," tegas Dr Titi.

Lagi-lagi, di sinilah terkandung hikmah puasa Syawal. Wallahu a’lam bish shawab. [JJ/Dtk/bsb]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: 3 Penyakit ‘Umum’ Setelah Idul Fitri dan Cara Mencegahnya
3 Penyakit ‘Umum’ Setelah Idul Fitri dan Cara Mencegahnya
http://4.bp.blogspot.com/-4rGzablcgyY/UgbrmpLrQhI/AAAAAAAAPnU/2XbQ_64w32o/s320/Sakit_maag.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-4rGzablcgyY/UgbrmpLrQhI/AAAAAAAAPnU/2XbQ_64w32o/s72-c/Sakit_maag.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/08/3-penyakit-umum-setelah-idul-fitri-dan.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/08/3-penyakit-umum-setelah-idul-fitri-dan.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content